SKUMANICK & METAGLOW

Berikan hadiah berupa makanan jika kucing bisa melakukan apa yang diajarkan padanya

Ilustrasi (shutterstock)

Suara.com – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan favorit manusia. Tampangnya yang imut dan sifatnya yang menggemaskan membuat kucing disukai karena bisa menghibur majikannya ketika di rumah.
Namun, kucing punya kebiasaan buruk seperti buang air sembarangan dan mencakar-cakar sofa.

Hal ini memang wajar, tapi Anda bisa melatih atau mencegahnya untuk melakukan kebiasaan buruk tersebut. Caranya, yaitu:

1.Sediakan baskom kotak yang berisi pasir untuk tempat kucing membuang kotoran. Letakkan di pojok ruangan. Lalu ajarkan kucing Anda dengan menekan-nekan kakinya ketika ia menginjakkan kaki di atas pasir. Ini bertujuan agar ia tahu bahwa pasir bisa dicakar atau digali untuk membuang kotoran.

2.Sebaiknya, jangan memberikan makanan kepada kucing saat Anda sedang makan, agar ia tidak menganggap makanan Anda sama dengan makanannya. Lebih baik sediakan makanan khusus kucing dan atur jam makannya secara teratur, sehingga dia bisa tahu jam makannya dan tidak mencuri makanan. Selain itu, sediakan tempat minum di dekat tempat makan kucing.

3.Secara naluriah, kucing akan mengasah kukunya dengan mencakarkan sesuatu. Untuk mencegahnya mencakar sofa, maka Anda bisa sediakan tiang khusus di dekat kandangnya dan sematkan tanaman pada tiang agar kucing tertarik mencakar kukunya di tiang tersebut.

4.Berikan hadiah berupa makanan jika kucing bisa melakukan apa yang diajarkan padanya, sehingga ini bisa merangsangnya untuk melakukannya dengan senang.

5.Ajak kucing bermain sebelum makan agar dia bisa aktif. Karena ketika sudah kenyang, kucing menjadi malas.

Jika kucing melakukan kesalahan seperti membuang kotoran sembarangan, coba diamkan dia hingga dia mencari perhatian Anda. Hal ini untuk mengajarkannya bahwa Anda tidak suka dia membuang kotoran sembarangan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: