SKUMANICK & METAGLOW

Panduan Lengkap Tips dan Cara Merawat (Memelihara) Kucing Anggora yang Baik– Kucing anggora adalah hewan kecil jenis karnivora yang merupakan jenis kucing yang menjadi hewan kesayangan populer selain ras kucing persia pada saat ini. Merupakan jenis kucing yang berbulu panjang tetapi basanya hanya pada bagian-bagian tertentu saja. Hewan ini berasal dari Kota angora, Turki. Untuk lebih jelasnya silahkan terlebih dahulu membaca artikel sebelumnya mengenai”Kucing Anggora :Mengenal Sejarah (Asal-usul) Kucing Anggora Serta Karakternya”.

cara merawat kucing anggora, cara memelihara kucing anggora, tips merawat kucing anggora, tips memelihara kucing anggora, perawatan kucing anggora ,cara merawat kucing anggora ,cara perawatan kucing anggora ,cara merawat kucing angora
Cara Merawat Kucing anggora

Jika sudah, silahkan lanjutkan membaca artikel ini dengan seksama!. Karena kucing ini cendrung untuk berbulu panjang dari kucing biasa dan juga bukan berasal negara Indonesia, mungkin saudara akan menemui sedikit perbedaan dalam perawatan kucing anggora pada artikel ini. Pada prinsipnya cara merawat kucing anggora mirip atau hampir sama dengan merawat kucing kucing persia.
Kenapa demikian??? Karena kucing anggora dan persia memilik beberapa kesamaan pada morfologinya, khususnya pada bulu hewan tersebut. Saya harap anda sudah paham akan masala ini, sekarang silahkan simak tips dan cara perawatan kucing anggora dibawah ini.

Tips dan Cara Merawat(Memelihara) Kucing Anggora yang Baik :

I. Tips dan Cara Perawatan Kucing Anggora Yang Baru Sampai Dirumah

Pertama kali kucing sampai dirumah, kucing akan mengalami boleh dikatakan sebagai masa linglung. Biasanya akan menunjukkan perilaku yang tidak normalnya, akibat dari pergantian lingkungan ke lingkungan yang baru yaitu, rumah anda. Angora perlu beradaptasi lagi dengan lingkungannya untuk terbiasa. Bebereapa kemngkinan yang bisa terjadi ketika kucing baru sampai dirumah :

  1. kurang PD (Percaya Diri) atau stress untuk sementara
  2. Nafsu makannya berkurang
  3. Suka bersembunyi, seperti ketakutan gitu..
  4. Bila didekati, menjauh
  5. Akan berontak apabila dipegang
  6. dll.

Namun anda tidak perlu khwatir, karena kucing anggora termasuk hewan yang mudah beradaptasi, sehingga mudah untuk angora mengatasi hal tersebut. Dan hal-hal diatas normal-normal saja terjadi pada hewan baru. Untuk membantu kucing beradaptasi, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, yaitu :

  1. Tempatkan kucing anda pada kandang yang aman dan lokasi yang nyaman
  2. Usahakan makanan dan minuman selalu tersedia didalam kandang.
  3. Sediakan dalam kandang pasir khusus kucing, yang ditempatkan dalam kotak.
  4. Berikan kasih sayang pada kucing dan penuh kelembutan, serta seringlah lakukan interaksi yang penuh dengan kelembutan dengan hewan kesayangan anda tersebut.

Catatan : untuk pakan, lebih baik jangan diganti terlebih dahulu. Atau bisa juga memberikan makanan yang diberikan pada tempat sebelumnya. Diharapkan dengan mengikuti langka-langkah diatas, dapat membantu kucing untuk beradapatasi dengan lingkungannya yang baru.

II. Perlengkapan Kucing Anggora

Perlengkapan dapat berfungsi sebagai penunjang dalam perwatan kucing anggora untuk lebih baik, dan juga sebagai hiasan untuk mempercatik kandang. Berikut beberpa perlengkapan tersebut, antara lain :

1. Kandang, hendaklah kandang tersebut dapat membuat kucing merasa aman dan nyaman untuk mengekspresikan perilaku alaminya. Tidak harus yang mahal, jika yang murah lebih baik mengapa ngga? Tapi jika anda ingin yang mahal juga boleh, tetapi prinsip keamanan da kenyamanannya harus anda perhatikan. Jika anda tidak mau mengeluarkan biaya yang terlalu banyak untuk kandang, anda dapat membuatnya sendiri. Untuk mebuat kandang kucing sendiri, silahkan baca artikel terdahulu mengenai “Panduan Cara Membuat Kandang Kucing Keren Sendiri”.

2. Tempat makanan kucing, sudah banyak tersedia di Petshop. Jika and pengen hemat dapat juga menggunakan mangkok.

3. Tempat minum

4. Kotak Pasir dan Pasir khusus kucing

5. Ayakan, berfungsi untuk memisahkan kotoran kucing dan pasir. Sehingga suasana kandang tetap bersih dan hemat.

III. Cara Mengganti Makanan Kucing Anggora

Dalam masa adaptasi, artinya kucing tersebut baru anda adopsi. Sebaiknya jangan mengganti merek makanan terlebih dahulu, maksudnya gunakan makanan yang diberikan pada tempat lama pada kucing tersebu untuk beberapa hari. Berikut tata cara mengganti makanan kucing dari yang lama ke yang baru :

1. 1-2 hari campuran makanan 30% makanan baru, 70% makanan lama
2. 3-5 hari campuran makanan 50% makanan baru, 50% makanan lama
3. 6-7 hari campuran makanan 70% makanan baru, 30% makanan lama
4. 7 hari keatas, baru berikan 100% makanan baru.
Jika kucing tidak mengalami gangguan seperti mencret dan muntah, maka pemberian makanan baru dapat dilanjutkan.

IV. Cara Menyimpan Makanan Kucing Anggora

Cara penyimpanan pakan yang baik dapat mempertahankan kualitas pakan dalam jangka waktu yang lama. Kesalahan dalam penyimpanan pakan, dapat menyebabkan kualitas kucing yang berkontribusi terhadap gangguan kesehatan kucing. Berikut beberapa tindakan yang dapat mengurasngi atau mengatasi kerusakan pada pakan tersebut:

1. Tempat penyimpanan usahakan selalu kering, karena kondisi lembab memicu pertumbuahan dan perkembangan jamur maupun bakteri yang bersifat patogen yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan kucing apabila mengkonsumsinya.
2. Usahakantempat penyimpanan selalu bersih dan tertutup. Untuk mencegah terjadinya kontaminasi oleh mikroorganisme yang bisa merusak kualitas pakan, baik secara fisik maupun kadar nutrisinya.
3. Hindari menyimpan pakan dari kontak matahari langsung. Untuk mencegah terjadinya reaksi yang tidak diinginkan pada pakan yang menimbulkan kerusakan pada pakan.
4. Kalau bisa simpan makanan kucing tersebut dalam kulkas khusus, jangan campurkan juga dengan makanan kita. Menyimpan makanan kucing dalam kuclkas dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, sehingga dapat membantu keawetan makanan dan menjaga kualitas nutrisinya.

V. Cara Memandikan Kucing Anggora

Memandikan kucing, mungkin termasuk hal yang membosankan bagi beberapa pencinta kucing. Namun tindakan tersebut kontribusinya terhadap kesehatan amatlah besar, karena memndikan kucing bisa membunuh bakteri, jamur maupun agen parasit yang melekat pada permukaan tubuh kucing.

Namun jangan pula memandikan kucing terlalu sering, 2 minggu sekali sudah cukup untuk membersihkan kucing. Mandikanlah kucing pada yang baik yaitu antara pukul 9.00-15.00. Jangan lakukan pada suhu yang dingin misalnya pada pagi hari atau pada kondisi sedang hujan. Untuk langkah-langkah dan lebih mendalamnya, silahkan baca artikel sebelumnya mengenai “Panduan Cara Memandikan Kucing Secara Profesional”

VI. Masalah Penyakit Pada Kuing Anggora

Untuk masalah penyakit pada anggora, tidak semua gangguan kesehatannya mengharuskan anda untuk membawanya kedokter hewan, kecuali untuk penyakit-penyakit tertentu yang tidak mungkin untuk anda atasi. Penyakit yang mungkin bisa atasi sendiri misalnya kutuan, jamuran dan penyakit parasit lainnya yang belum tergolong parah.

Anda dapat mengatasi penyakit tersebut dengan menggunakan produk-produk yang efektif untuk penyakit tersebut, biasanya sudah banyak tersedia di PetShop. Dengan mengatasi sendiri, anda dapat menghematbiaya perawatan anggora. Dan juga, seringlah berkonsultasi kepada senior atau Dokter Hewan untuk menambah wawasan anda dalam memelihara kucing anggora.

VII. Jadwal Pemberian Obat Cacing

Pemberian obat cacing dapat dilakukan 2 sampai 4 kali dalam setahun, namun kucing yang sering bermain diluar rumah sebaiknya pemberinnya lebih sering. Namun sebagai langkah aman, sebaiknya konsultasikan kepada dokter hewan, karena kesalahan dalam pembaerian obat cacing dapat beresiko terhadap kucing.

VIII. Jadwal Rutin Merawat Kucing Anggora

1. Pagi dan Sore (setiap hari) : memberi makan dan minum
2. Pagi dan Sore (setiap hari) : membersihakan kotoran kucing
3. Memandikan kucing : Sekali 2 minggu
4. Grooming kesalon : sekali sebulan
5. Pencucian kandang : sekali seminggu

IX. Mencuci Kandang dan Perlengkapan

Mencuci kandang dan perlengkapan merupakan suatu tindakan yang dapat menghindarkan kucing dari berbagai seragan agen penyakit, mejaga kebersihan kucing dan lingkungan, menghindari bau yang tidak sedap dll. Kotoran yang sudah lama tidak dibuang dapat menghasilkan ammonia dalam kandang, tingginya kadar ammonia dalam kandang dapat mengganggu pernafasan kucing.

Sebaiknya selalulah perhatikan kebersihan kucing dan kandangnya agar kucing tetap sehat sehingga pertumbuhan dan perkembangannya dapat melaju secara normal. Langkah yang dapat anda lakukan adalah pertama, bersihkan terlebih dahulu kandang dan perlegkapannya, kemudian cuci dan jemur dibawah terik matahari. Jika sudah dirasa kering, semprotlah kandan dan peralatan tadi dengan menggunakan larutan desinfektan untuk memastikan kesterilan kandang dan perlengkapan tadi. Pastikan kucing tidak berada dalam kandang, saat anda memlakukan perbersihan maupun pencucian.

Terimakasih telah membaca “Panduan Lengkap Tips dan Cara Merawat (Memelihara) Kucing Anggora yang Baik“, semoga bermanfaat. Tolong bantu like untuk membantu perkembangan blog ini. Silahkan ajak juga sahabat kita yang lain untuk berkunjung ke blog ini, terimakasih.

Pustaka :

http://artikelkedokteranhewan.blogspot.com/2014/02/panduan-lengkap-cara-merawat-kucing-persia-dengan-baik.html

http://www.fauzionline.com/2012/08/tips-cara-merawat-kucing-anggora.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: