SKUMANICK & METAGLOW


Wayang kulit merupakan kesenian tradisional khas Indonesia, terutama di Jawa, dimana kata Wayang berasal dari kata “Ma Hyang” yang berarti menuju kepada roh spiritual dan dewa atau Tuhan yang Maha Esa.

Tapi ada juga yang mengartikan, Wayang sebagai istilah dalam bahasa Jawa yang bermakna “Bayangan”. Hal ini dikarenakan penonton bisa juga menonton Wayang di belakang kelir (hanya bayangannya saja).

Dalam tokoh-tokoh wayang, ada beberapa tokoh perempuan yang digambarkan memiliki kecantikan yang luar biasa. Lantas, siapa saja tokoh Wayang perempuan tercantik? Simak ulasannya.

 

1. Dewi Sri

Dewi Sri adalah Dewi Padi yang sangat dihormati oleh petani, khusus di Jawa. Bahkan masyarakat Jawa memiliki nama panggilan tersendiri untuk Dewi Sri yaitu Mbok Sri.

Salah satu kebudayaan asli yang menghormati Dewi Sri dan masih bertahan sampai sekarang yaitu upacara Wiwit (Miwiti). Upacara tersebut memiliki tujuan untuk meminta berkah kepada Dewi Sri supaya padi yang ditanam bisa tumbuh subur.

 

2. Dewi Uma

Tokoh wayang perempuan selanjutnya yaitu Dewi Uma atau kadang juga disebut Umayi. Dia merupakan putri saudagar Umaran yang memiliki kesaktian yang luar biasa karena pernah bertapa di suatu tempat dengan obsesi menguasai dunia.

Dewi Uma dipuja banyak orang yang akhirnya membuat Batara Guru turun gunung. Akhirnya Batara Guru berhasil mengambil kesaktian Dewi Uma dan menjadikannya istri, kemudian memiliki seorang putra yang bernama Batara Kala.

 

3. Dewi Citrawati

Konon katanya, Dewi Citrawati sangat cantik yang membuat banyak raja-raja di Nusantara ingin menjadikannya permaisuri. Akhirnya, dia menjadi istri Raja Maespati yaitu Arjunasasra.

Namun, dia digambarkan seorang istri yang memamfaatkan kekuasaan suaminya, dimana dia pernah meminta supaya taman Sriwedari dipindahkan ke Maespati dan juga membendung Sungai Gangga.

 

4. Dewi Sukesi

Dewi Sukesi merupakan putri sepasang raksasa bernama Sumali dan Alengka, walaupun tidak ada yang bisa menyangka kalau putri cantik dan baik budinya ini adalah keturunan raksasa.

Dewi Sukesi memang bukan tokoh Wayang perempuan yang banyak dipuja oleh masyarakat Jawa, tapi dia memiliki cerita yang menarik.

 

5. Dewi Sinta

Dewi Sinta merupakan seorang putri cantik dari Raja Janaka dari negeri Manthili, dimana diceritakan Sri Rama berhasil mempersuntingnya lewat sayembara berupa mengangkat busur pusaka kerajaan tersebut.

Selain itu, Dewi Sinta juga karakter istri yang setia, dimana dia rela hidup susah bersama suaminya daripada hidup mewah di kerajaan ayahnya.

Dalam kisah Ramayana, diceritakan Raja Rahwana sangat tertarik dengan Dewi Sinta, bahkan dia berusaha menculik, dan Sri Rawa berjuang hingga mati-matian, sampai akhirnya dia berhasil mendapatkan kembali Dewi Sinta.

 

6. Dewi Anjani

Kisah tokoh Wayang perempuan yang satu cukup terkenal, dimana dikisahkan ibunya yang bernama Dewi Windradi berselingkuh dengan seseorang yang memberinya Cupu Manik Astagina, dimana ketiga anaknya juga menginginkan cupu tersebut.

Sampai akhirnya, ayahnya yang bernama Resi Gotama bertanya kepada ibunya, dimana dia mendapatkan cupu tersebut, tapi dia hanya diam saja. Dengan kesaktian Resi Gotama, dia diubah jadi patung.

 

Kemudian, oleh ayahnya cupu tersebut dibuang di Telaga Madirda dan juga mengatakan kepada anaknya bahwa mereka yang suka berebut seperti kera.

Saat di Telaga Madirda, Dewi Anjani membasuh mukanya, sedangkan dua saudaranya menyelam di telaga untuk mencari cupu tersebut. Tapi karena ucapan ayahnya mereka benar-benar berubah jadi kera.

Menyadari kesalahan mereka meminta maaf pada ayah mereka, kemudian Resi Gotama menyuruh mereka bertiga bertapa, dimana Dewi Anjani melakukan Tapa Nyanthaka yaitu bertapa hanya memakan daun yang jatuh di dekatnya.

Suatu waktu saat Dewi Anjani masih bertapa, Batara Bayu melihatnya dan langsung terpesona. Tanpa disengaja Batara Bayu menumpahkan air maninya ke daun dan kemudian daun tersebut dimakan oleh Dewi Anjani yang membuatnya hamil dan lahirlah Anoman.

 

7. Dewi Kresna

Dewi Kresna atau kadang disebut juga Dewi Drupadi adalah seorang putri dari Prabu Drupada dari Panchala. Dikisahkan pada awalnya Arjunalah yang berhasil memenangkan sayembara dan mendapatkan Dewi Drupadi.

Tapi akhirnya Dewi Drupadi menikah dengan semua anggota Pandawa. Dia digambarkan seorang istri yang selalu setia mendamping semua suaminya, bahkan selama pembuangan Pandawa, diapun turut serta dalam pertualangan bersama Pandawa.

 

8. Dewi Sumbadra

Dewi Sumbadra adalah seorang putri dari Prabu Basudewa dan istri dari Arjuna, dimana dia digambarkan sebagai tokoh Wayang perempuan yang sangat cantik, sederhana, dan memiliki senyum yang menawan dengan mata yang indah.

Awalnya dia akan dinikahkan dengan orang kaya bernama Burisrawa, tapi Krisna teman baiknya menyuruh Arjuna menculik Sumbadra. Saat dalam pengejaran tersebut, Krisna mengatakan kepada Dewi Sumbadra bahwa wanita yang dibeli dengan harta tidak lebih dari seekor hewan.

 

9. Dewi Gandawati

Dewi Gandawati adalah seorang putri Raja Arjunayanda dari Sriwedari dan salah satu istri Arjuna. Dewi Gandawati digambarkan sebagai wanita yang sangat cantik dengan kulit kuning kehijauan.

Selain itu, dia juga sangat santun, sopan, dan terampil dalam pekerjaan wanita. Konon katanya dia sangat pintar membuat parfum yang dipersembahkannya kepada para bidadari.

 

10. Dewi Srikandi

Dewi Srikandi adalah salah satu tokoh Wayang perempuan yang sangat dikenal sebagai pejuang wanita. Dewi Srikandi adalah putri Prabu Drupadi dan adik Dewi Drupada, serta salah satu istri Arjuna.

Dewi Srikandi digambarkan sebagai wanita cantik tapi perkasa. Selain itu dia juga pintar nyanyi Jawa (nembang) dan sangat suka membaca cerita.

Awalnya Dewi Srikandi adalah murid Arjuna yang ingin belajar memanah, tapi melihat kemampuannya yang luar biasa, saudara-saudaranya menikahkan mereka berdua, dan dalam perang Barathayuda, Srikandi juga ikut berjuang bersama Pandawa.

Nah, itulah beberapa tokoh Wayang Perempuan yang konon katanaya sangat cantik. Tokoh-tokoh ini banyak dikenal dalam cerita wayang, dan konon katanya kecantikan mereka bisa disamakan dengan para bidadari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: