SKUMANICK & METAGLOW

Usaha laundry kiloan semakin ramai saja. Kita akan membahas 14 tips bisnis laundry, 10 peluang usaha dan persiapannya serta 6 rintangan bisnis ini. Bonusnya adalah dua analisa usaha yang sedang menjamur ini.

Usaha Lauundry Kiloan

 

Peluang Usaha Laundry

Halaman ini akan fokus membahas mengenai 13 tips usaha laundry kiloan untung besar. Tulisan ini berdasar pengamatan dan pengalaman saya terhadap beberapa pengusaha laundry di semarang.

 

Cara Bisnis Laundry

  1. Lokasi yang tepat

Memilih lokasi untuk bisnis laundry sangat penting. Kesalahan lokasi bisa menyebabkan bisnis sepi bukan main. Untuk laundry, pilihlah lokasi seperti kawasan sekitar kos-kosan tau kontrakan untuk para mahasiswa  atau karyawan. Mereka adalah orang yang tidak sempat/malas mencuci sehingga sangat bagus untuk bisnis laundry kita.

  1. Harga yang tepat

usaha laundryHarga laundry sangat berpengaruh. Saya pun memikirkan harga saat akan melaundry pakaian. Sebelum menjalankan bisnis ini anda harus melakukan riset (meneliti) harga laundry yang cocok di daerah anda.

  1. Pelayanan prima

Salah satu alasan saya bertahan di laundry langganan adalah karena pelayanannya yang oke. Kalau ada uang yang tertinggal di baju, uang itu tetap disitu. Selain itu saya biasa mengambil laundry hari senin pagi jam 7 pagi (30 menit sebelum masuk kantor) dan ibu laundry sudah buka jam segitu. Sangat pantas kalau usahanya sangat laris di daerah kami.

  1. Pemasaran Kreatif

Anda juga memerlukan pemasaran yang tepat untuk usaha laundry kiloan. Bagaimanapun juga bisnis ini sangat sedap, pantas saja saingan sangat banyak..

Misalnya saja dengan promosi menggunakan brosur dan nama usaha, begitu pula dengan pemanfaatan teknologi yang akan membantu anda dalam menjalankan usaha.

Saat saya kuliah dulu, ada salah satu laundry yang memberikan voucher untuk para mahasiswa baru. Disitulah dia beriklan dan menunjukkan performa laundry yang bagus. Laundry tersebut menjadi pemain laundry yang besar di kampus kami.

  1. Rekrut Karyawan Dengan Baik

Inilah yang akan menjadi titik putar roda usaha anda. Ya, perlunya anda juga memikirkan mengenai perekrutan karyawan yang tepat untuk membantu anda dalam memulai usaha laundry kiloan.

Tulis duu daftar kebutuhan anda. Misalnya : anda butuh karyawan untuk menyetrika, karyawan bagian pencucian, dll.

  1. Hargai Waktu

Bagi pengusaha, waktu adalah uang. Untuk pengusaha laundry kiloan, waktu adalah persembahan layanan terbaik untuk pelanggan. Dengan berbagai pola dan visi, akan tetap anda butuhkan penghargaan waktu yang tidak dapat diulang kembali.

Adanya janji yang sudah anda sepakati dengan pelanggan untuk menyelesaikan laundry kiloan, maka disitulah tingkat layanan usaha anda pertaruhkan.

Setiap menyelesaikan laundry tepat waktu, artinya anda sedang menambah jumlah pelanggan yang setia.

  1. Hal Baru ‘Merayu’ Pasar

Misalnya saja dengan mencoba hal baru seperti memberikan layanan delivery yang akan memudahkan para pelanggan anda untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari usaha laundry kiloan anda.

Anda juga bisa menggunakan kartu member seperti indomaret. Mereka yang punya kartu tersebut akan mendapat diskon

Bisnis Laundry Rumahan

  1. Ala Pemikiran Cerdas

Usaha laundry kiloan modal kecilAnda harus cerdas. Perhatikan trend bisnismu. Jika terus menurun, segeralah koreksi.

Penurunan omset bukan hanya disebabkan oleh kesalahan internal. bisa jadi disebabkan oleh kompetitor (pesaig) kita yang semakin bagus.

  1. Terus Belajar

Dengan jurus yang satu ini, maka anda akan banyak berpeluang bisnis di usaha laundry kiloan dengan cara yang lebih apik dan dinamis.

Dengan terus mau untuk mengasah kemampuan dan wawasan, maka tak ayal bila anda mendapatkan konsep bisnis laundry kiloan yang tepat sasaran dan mampu menjadi investasi jangka panjang milik anda.

  1. Mengikuti Siklus Kebutuhan Konsumen

Mengikuti kebutuhan konsumen artinya memprioritaskan konsumen sebagai raja. Karena dengan konsep yang demikianlah anda dapat menuju sebuah peluang usaha luar biasa.

Mendengar saran dan keluhan konsumen adalah konsultasi gratis untuk kita semua

  1. Olah Modal Dan Biaya

Bisnis ini butuh modal. Menyesuaikan modal dengan kebutuhan itu penting.

Jika ingin mengambil pinjaman, anda harus yakin bahwa usaha laundry anda akan jalan.

Jika tidak punya uang banyak, mulailah dari usaha laundry kecil-kecilan.

  1. Tidak Ceroboh

Ini adalah hal yang mutlak dimiliki oleh pengusaha meskipun memang tidak akan ada manusia yang sempurna.

Ceroboh akan menyebabkan kerugian besar di masa datang.

Misalnya anda mencampur semua baju, kemeja putih, dan celana jeans agar proses pencucian berlangsung cepat. Bukannya pujian yang anda dapat melainkan pelanggan yang kecewa dan menyebarkan erita buruk tentang anda

  1. Perbesar usaha dengan berpikir kreatif

Nah anda juga harus terus menerus menambah peluang usaha agar semakin untung besar. Tidak hanya membuka usaha laundry untuk pakaian, anda juga bisa membuka laundry sepatu, tas atau karpet.

Rekomendasi bacaan : Usaha kaos distro original bandung

  1. Menjadi Yang Terbaik

Terus mencoba tanpa menyerah adalah kualitas diri seorang pengusaha. Begitu pula dengan anggapan konsep bersaing sehat.

Karena pengusaha yang sebenarnya adalah anda yang tidak pernah menganggap lawan menjadi penghalang, namun justru pemicu untuk selalu tegar dan mencoba hal-hal baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: