SKUMANICK & METAGLOW

Liputan6.com, Jakarta – Buruh DKI Jakarta tergabung dalam Gerakan Buruh Jakarta (GBJ) menganggap kenaikan upah dalam upah minimum provinsi (UMP) 2017 terlalu kecil. Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan besaran UMP 2017 naik 8,25 persen dari UMP 2016 menjadi Rp 3.355.750.

Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Warnosalam mengatakan, seharusnya UMP 2017 menjadi Rp 3.831.690 dengan mengacu Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003.

Dengan penetapan UMP saat ini, dia menganggap buruh bakal tak menikmati kenaikan upah tersebut. Lantaran, beberapa kebutuhan buruh misalnya listrik akan naik.

“Ini pada saat mau naik, baru rapat upah, tarif dasar listrik (TDL) mau naik, mau dicabut subsidinya. Tugas pemerintah kan subsidi rakyat, justru dicabutin semua malah,” ujar dia kepada Liputan6.com seperti ditulis di Jakarta, Minggu (30/10/2016).

Dia mengatakan, seharusnya upah buruh dinaikkan secara signifikan. Menurut dia, kenaikan upah yang tinggi justru berkontribusi positif pada perekonomian. Hal ini seperti terjadi di tahun 2013 di mana kenaikan upah yang tinggi sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kalau dari tahun 2013, mogok total itu kenaikan tercatat 43 persen kemudian di situ daya beli naik, ini secara pandangan makro ekonomi kemudian itu industri tumbuh. Parameter pertumbuhan ekonomi, industri tumbuh dari situ,” jelas dia.

Bukan hanya itu, upah yang tinggi diharapkan dapat memangkas kesenjangan sosial.”Dan yang kaya semakin besar. Kita ingin mendekatkan supaya sama,” ujar dia.

Namun, pemerintah justru menggunakan formula Peraturan Pemerintah (PP) 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Dia mengatakan, ketentuan ini justru hanya menguntungkan para pengusaha untuk meraup untung besar.

“Kenapa pemerintah tidak begitu. Karena pengusaha maunya untung besar, tapi nggak mau ini bareng (dengan buruh). Peranan pemerintah kan penting. Malaysia, China upahnya juga tinggi,” tandas dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: