SKUMANICK & METAGLOW


India tak hanya identik dengan kuil Hindu saja. Kalau liburan ke India, ada masjid suci yang bisa dikunjungi traveler muslim di Mumbai. Namanya Masjid Haji Ali Dargah yang letaknya ada di tengah laut. Unik!

Masjid Haji Ali Dargah merupakan landmark Kota Mumbai yang sangat bersejarah sebagai destinasi wisata religi di India. Seperti yang dikutip dari detik.com, Masjid Haji Ali Dargah sudah berdiri sejak ratusan tahun silam, tepatnya pada tahun 1431. Hingga kini, usianya sudah 500 tahun lebih dan hanya mengalami 2 kali renovasi pada tahun 1960 dan 1964.

Selain bangunan masjid, ada juga makam Pir Haji Ali Shah Bukhari, ulama yang berasal dari Bukhara, Uzbekistan yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam di India. Makamnya berada di dalam kompleks masjid dan sangat disucikan, hingga wanita dilarang masuk ke bagian tertentu dari makam.

Makam Pir Haji Ali Shah Bukhari dinaungi bangunan dari marmer dengan 8 pilar yang terbuat dari marmer. Di atasnya ditutupi oleh kain sari berwarna merah dan hijau yang dibordir dengan kaligrafi ayat Al Quran yang indah. Peziarah yang datang kerap menundukkan kepala sembari mencium kain zari sebagai tanda penghormatan mereka terhadap Haji Ali Shah Bukhari.


Makam Pir Haji Ali Shah Bukhari yang disucikan

Tak kurang 10-15 ribu orang mendatangi komplek suci ini setiap harinya. Jumlahnya meningkat hingga 20-25 ribu orang pada hari Kamis, Jumat dan Minggu. Kebanyakan dari mereka berdoa di sekitar area makam dan beribadah di dalam area masjid.

Masjid yang memiliki luas bangunan mencapai 4.500 meter persegi dan tingginya sekitar 25 meter ini juga punya area yang disebut Qawwal Khana. Di tempat itu, para peziarah bisa berkumpul dengan sanak saudara mereka sembari bersilaturahmi sebelum masuk area makam.

Keunikan Masjid Haji Ali Dargah yaitu letaknya yang berada di atas sebuah pulau kecil di tengah Laut Arab, tak jauh dari pesisir Kota Mumbai. Dari daratan Mumbai, masjid dihubungkan dengan jalan Lala Lajpat Rai yang terbuat dari beton dan dibangun sekitar tahun 1944.

Dari segi arsitektur, Masjid Haji Ali Dargah terbuat dari marmer Makrana, jenis marmer yang sama yang digunakan untuk membangun Taj Mahal. Dihiasi oleh pilar marmer yang artistik, kaligrafi, hiasan kaca dengan pola kaleidoskopik, serta menara masjid yang kokoh berdiri, semakin menambah kecantikan Masjid Ali Dargah.

Traveler bisa mengunjungi masjid ini kala berkunjung ke Kota Mumbai apalagi untuk wisata Ramadan. Di sekitar area masjid juga ada area penjaja makanan lokal seperti kebab, nasi biryani, es krim, dan makanan khas Hyderabad yang terkenal lezat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: